Daftar Harga

Daftar Harga Beras Per Kilogram Terbaru

HargaToko.netHarga Beras. Berbicara mengenai beras memang tidak ada habisnya. Pasalnya beras adalah makanan pokok sebagian besar masyarakat di Indonesia. Oleh karena itu berita tentang persebaran produksi, serta gelombang harga bahan pokok satu ini selalu menjadi topik yang hangat untuk diperbincangkan.

Di tahun ini pun tak luput dari pembahasan tentang beras. Bagaimana tidak, harga beras di tahun ini terbilang fluktuatif. Apabila sedang mengalami kenaikan harga, beras medium tidak sampai berada diatas 11K Rupiah. Namun di beberapa daerah lain tak dapat dipungkiri mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan. Hal ini membuat berbagai kalangan pun kesulitan, tentunya bagi masyarakat dengan kemampuan ekonomi rendah.

Kenaikan harga beras ini pun tak luput dari campur tangan pemerintah yang memang memberlakukan kebijakan untuk mematok harga yang tinggi di Pulau Jawa hingga Papua. Dalam kebijakan pemerintah tersebut menyabutkan bahwa HET beras akan diatur berdasarkan zonasi. Yang berarti di Jawa, Lampung, Sumatera Selatan, Bali, NTB dan juga Sulawesi dianggap sebagai produsen beras. Beras di beberapa daerah ini mendapat HET sebesar Rp. 9450 per kilogram untuk beras jenis medium, dan Rp 12.800 per kilogram untuk beras kualitas tinggi.

Sementara itu untuk wilayah Indonesia lainnya, sedikit lebih mahal karena untuk biaya ongkos transportasi. Kenaikan harga di daerah lain biasanya hanya sekitar Rp. 500 per kilogram. Contohnya di NTT dan Kalimantan harga beras medium berada di kisaran Rp. 9950 per kilogram dan Rp. 13.300 per kilogram untuk beras berkualitas premium. Untuk mengetahui daftar harga beras lebih lengkap, yukk simak perkiraan harganya dibawah ini.

Harga Beras

Baca Juga :

Perkiraan Harga Beras di Indonesia

Daftar DaerahTipe dan Harga Beras
MediumPremium
DKI JakartaRp. 9.500/kgRp. 15.000/kg
Jawa, Lampung, Sumatera SelatanRp. 9.450/kgRp. 12.800/kg
Sumatera lainnyaRp. 9.950/kgRp. 13.800/kg
Bali dan NTBRp. 9.450/kgRp. 12.800/kg
NTTRp. 9.950/kgRp. 13.300/kg
SulawesiRp. 9.450/kgRp. 12.800/kg
KalimantanRp. 9.950/kgRp. 13.300/kg
Maluku dan PapuaRp. 10.250/kgRp. 13.600/kg

  • Daftar harga diatas merupakan perkiraan harga beras.
  • Harga bisa berubah sewaktu-waktu.
  • Di daerah lain mungkin terjadi perbedaan harga.

Kebijakan menaikan harga beras ini bukanlah tanpa alasan. Menteri Perdagangan (Mendag), Enggartiasto Lukita, menjelaskan HET itu berlaku di pasar becek hingga ritel modern. Dengan dinaikannya harga dari beras makan akan menjaga daya beli masyarakat. Apalagi beras adalah komoditas utama dalam sembako di Indonesia ini.

Pembatasan harga beras ini sudah dipikirkan matang-matang. Pihak aKementrian Industri dan Perdagangan akan berusaha semaksimal mungkin untuk menghimbau para pedagang menuruti aturan yang sudah ditetapkan. “Kalau tidak bisa dijaga, bisa dijadikan objek spekulasi untuk dinaikkan. Jika ada yang melanggar, ya jelas ditutup saja enggak usah dagang lagi. Izin cabut enggak usah dagang lagi,” kata Enggar.

Pro dan kontra dalam peraturan yang telah ditetapkan sangatlah banyak. Meurut pendapat rakyat kalangan ekonomi rendah, kebijakan ini sangat menyulitkan mereka. Tak hanya para masyarakat saja, para pedagang kecil juga merasa kesulitan dalam menentukan harga jual kembali kepada pembeli. Sebab sebagian besar pembeli adalah masyarakat kalangan ekonomi rendah.

Nah itulah tadi setidaknya beberapa ulassan Juragan Toko mengenai daftar harga beras yang ada di Indonesia. Harga diatas sekali lagi merupakan perkiraan ya gaes. Sebab akan sangat sulit menentukan secara tepat harga dari beras mengingat harga bahan pokok ini selalu berubah setiap harinya. So, terima kasih banyak atas waktunya. 🙂

Daftar Harga Beras Per Kilogram Terbaru | Muhammad Jefri | 4.5
/* */
error: Content is protected !!